You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
63 Bangunan Liar di Pisangan Timur Akan Dibongkar
Sebanyak 63 bangunan liar yang berdiri di atas saluran air di Jalan Raya Cipinang Kebembem, RW 08, Kelurahan Pisangan Timur, Pulogadung, Jakarta Timur segera dibongkar. Pasalnya, keberadaan puluhan bangunan tersebut dinilai membuat lingkungan sekita.
photo Nurito - Beritajakarta.id

63 Bangunan Liar di Pisangan Timur Akan Dibongkar

Sebanyak 63 bangunan liar yang berdiri di atas saluran air di Jalan Raya Cipinang Kebembem, RW 08, Kelurahan Pisangan Timur, Pulogadung, Jakarta Timur segera dibongkar. Pasalnya, keberadaan puluhan bangunan tersebut dinilai membuat lingkungan sekitar menjadi banjir jika musim hujan datang. 

Kami akan tertibkan pekan depan. Seluruh bangunan harus ditertibkan karena berada di atas saluran air

Puluhan bangunan yang mayoritas berbentuk permanen itu, diketahui sudah berdiri di atas saluran air tersebut sejak 20 tahun lalu. Seluruh bangunan yang ada dimanfaatkan untuk membuka usaha, seperti toko kelontong, bengkel, warung makan, hingga tempat kebugaran tubuh.

Ratusan Bangunan Liar di Koja Akan Ditertibkan

Kepala Seksi Konservasi Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Timur, Nursiwan mengatakan, upaya pembongkaran puluhan bangunan liar itu pernah dilakukan tahun lalu. Namun rencana penertiban tersebut berantakan karena petugas mendapat perlawanan dari pemilik bangunan. 

"Kami akan tertibkan pekan depan. Seluruh bangunan harus ditertibkan karena berada di atas saluran air. Akibatnya lingkungan di RW 08 sering kebanjiran dan kami kesulitan melakukan pemeliharaan," ujar Nursiwan, Selasa (7/10).

Pantauan beritajakarta.com, puluhan bangunan itu berdiri di atas saluran air sepanjang 300 meter. Lokasi yang akan ditertibkan tepat berada di belakang tembok Pasar Induk Beras Cipinang. Akibat banyaknya bangunan yang berdiri tak ayal membuat lingkungan kawasan itu tampak kumuh. 

Dihubungi terpisah, Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Timur, Hendry Dunant mengungkapkan, tahun ini pihaknya akan melakukan program pengembalian fungsi saluran air yang berada di 13 titik. 

"Dari jumlah itu, enam titik sudah kami tertibkan. Sementara sisanya sedang kami data. Secara bergilir seluruh bangunan ini kita tertibkan agar saluran air yang ada di bawahnya dapat dinormalisasi atau refungsi," ucap Hendry.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye960 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye927 personAldi Geri Lumban Tobing